5 Fakta Kesehatan Menarik Tentang Kacang Merah Yang Wajib Baca!

5 Fakta Kesehatan Menarik Tentang Kacang Merah Yang Wajib Baca!

Siapa nih yang suka kacang merah? Kacang merah merupakan salah satu bahan pangan yang kerap ditambahkan sebagai topping dalam berbagai olahan makanan. Bahkan bahan pangan satu ini juga digunakan dalam membuat suatu menu jamuan. Kacang merah sendiri memiliki bentuk seperti kacang kedelai namun berwarna merah dan lebih besar. Rasanya yang gurih dengan cita rasa yang bold membuat bahan makanan ini diubah menjadi berbagai macam makanan.

Makanan yang menggunakan kacang merah sebagai bahan bakunya antara lain es kacang merah, sayur daging kacang merah, sayur asem kacang merah, sayur lodeh hingga food street Jepang yakni Taiyaki. Kacang merah sendiri di negara Jepang maupun Korea diolah menjadi pasta lalu diaplikasikan sebagai selai maupun bumbu penguat rasa makanan. Sehingga bahan makanan ini cukup popular.

Apakah anda mengetahui jika kacang merah dikonsumsi rutin akan memberikan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh di semua usia? Diantaranya berikut ini ada 4 manfaat kacang merah yang patut untuk anda pahami sehingga semakin suka mengkonsumsinya :

  1. Mensupport jatung kita menjadi lebih prima/sehat

Kacang merah yang disediakan dalam suatu kudapan ternyata membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung. Karena di dalamnya jika dianalisa terdapat serat kemudian kalium yang memang bagus sekali bagi jantung bekerja sehat. Kalium sendiri menjaga terjadinya plak dalam pembuluh darah jantung. Sementara serat sendiri mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mampu menyehatkan jantung karena mengurangi resiko penyumbatan oleh kolesterol. Sebab itu, manfaat kacang merah ini baik untuk dikonsumsi masyarakat lanjut usia.

  1. Mengurangi resiko kanker

Kacang merah ternyata mengandung antioksidan. Senyawa ini penting dan dibutuhkan tubuh dalam menangkal radikal bebas yang tiap harinya diterima tubuh. Sehingga resiko terjadinya kanker yang bahaya bagi tubuh bisa dihalangi dan juga sangat bermanfaat bagi percepatan regenerasi sel. Konsumsi kacang merah dalam bentuk olahan maupun utuh dapat menekan resiko kanker sehingga sangat direkomendasikan di makan atau minum bagi semua umur.

  1. Menstabilkan gula darah pada tubuh sehingga bagus bagi yang sakit diabetes

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh lansia sebagai salah satu bahan pangan yang mencegah terjadinya penyakit jantung, kacang merah juga dapat menekan resiko diabetes. Karena mampu membuat kadar gula lebih stabil. Sehingga bahan makanan ini disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes, sebab manfaat kacang merah sendiri sangat bagus bagi tubuh.

  1. Memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan saat masa kehamilan

Manfaat kacang merah ternyata juga baik dalam menjaga janin selama masa kehamilan berlangsung. Dimana kacang merah kaya akan protein, zat besi hingga asam folat yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang dalam perut ibunya. Asam folat mampu mendukung kecerdasan bayi dengan merangsang perkembangan saraf dalam otak bayi. Zat besi dibutuhkan bayi untuk membentuk sel darah merah yang penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Selain itu, protein dibutuhkan sebagai zat pembangun tubuh sehingga dibutuhkan bayi dalam tumbuh dan berkembang.

 

wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *