9 Tips Memilih Tas Untuk Anak Sekolah

Ketika akan memasuki waktu sekolah banyak orang tua berbondong-bondong membelikan semua perlengkapan sekolah untuk anaknya. Salah satunya yaitu membelikan tas. Para orang tua paham seberapa banyak buku yang harus dibawa anak mereka ke sekolah. Selain buku, perlengkapan yang lain juga menambah beban muatan pada tas anak mereka seperti kotak makan, botol minum, serta beberapa buku penunjang lainnya.
Tas sekolah yang meiliki beban berlebih dari berat anak dapat menyebabkan sakit pada bahu, lengan dan punggung anak. Jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pertumbuhan otot dan tulang belakang anak.
Berikut beberapa tips yang dapat diikuti agar tepat dalam memilih tas sekolah untuk anak:

Pilih Tas Ransel

Alasan utama memilih tas ransel karena tas ransel dapat menyeimbangkan beban diantara pundak kiri dan kanan. Hindari penggunaan tas samping, karena jika terlalu berat dapat membuat bahu menjadi sakit sebelah karena beban yang tidak seimbang.

Sesuaikan Dengan Tubuh Anak

Ketika membeli tas sekolah, sebaiknya sesuai dengan ukuran tubuh anak. Idealnya ukuran tas anak tidak lebih dari 4 inch di bawah pinggangnya. Tas yang akan digunakan sebaiknya memberikan efek nyaman, sehingga membuat anak semangat bersekolah.

Pilih Tali Tas yang Lebar

Tas ransel yang nyaman digunakan memiliki tali yang lebar. Selain itu pastikan tali penopang tas juga empuk. Jika hal ini diperhatikan, maka anak tidak akan mengalami rasa sakit pada bahunya.

Pilih yang Memiliki Sabuk Pinggang

Tas yang memiliki sabuk pinggang ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi pemakainya. Tas yang memiliki sabuk pinggang dapat memberikan rasa nyaman ketika berjalan. Tas tidak akan terombang ambing ke kiri dan ke kanan, karena telah diikatkan dengan pinggang di kecil.

Pilih yang Memiliki Banyak Kantong

Bahan tas yang ringan dapat mengurangi beban yang disandang oleh anak ketika berangkat sekolah. Selain itu, anak akan lebih nyaman dibanding menggunakan tas yang memiliki bahan dasar yang berat.
Kain sintetis memiliki sifat awet, sedangkan bahan dari kulit dapat membuat tas cepat menua. Kain sintetis juga lebih ringan jika dibandingkan dengan kulit. Namun jika menginginkan tas yang lebih ramah lingkungan sebaiknya memilih tas dengan bahan serat alami, seperti serat rami.

Periksa Resleting

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tas yaitu memilih resleting yang bagus. Resleting yang awet biasanya terbuat dari alumunium atau bukan yang berbahan plastik. Dan juga sebaiknya pilih tas dengan resleting yang berkepala ganda.

Pilih Ransel yang memiliki bagian Punggung Berbusa

Busa pada punggung ransel dapat memberi kenyamanan tersendiri bagi anak. Karena bentuk permukaan beban yang ada pada ransel tentunya berbeda beda, sehingga dapat membuat permukaan punggung menjadi tidak rata.

Pilih yang Bermerk

Meski tas bermerk memiliki harga yang lumayan mahal, namun tas bererk tentunya memiliki kualitas yang baik. Mulai dari jenis bahan yang baik, hingga keawetan pada tas tersebut telah terjamin.

Penutup

Memilih tas yang baik, dapat meningkatkan semangat belajar anak ke sekolah. Hal ini juga memudahkan anak jika belajar di luar kelas. Anak tidak akan merasa ribet ketika mengemas buku dan segala yang diperlukan ketika belajar di luar kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *