Bagaimana Metode Perpanjang STNK Online?

Bagaimana Metode Perpanjang STNK Online?

STNK merupakan sebuah surat yang wajib dimiliki setiap kamu mempunyai kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Surat tersebut juga mempunyai masa, dimana STNK sebuah kendaraan perlu kamu perpanjang setiap tahunnya. Cara paling umum untuk perpanjang STNK adalah dengan kamu datang ke Samsat terdekat di daerah asalmu. Ketika kamu datang kesana kamu pasti diharuskan mengambil antrian untuk menunggu giliran perpanjangan STNK.

Jika kamu orang yang pekerjaannya banyak dan mempunyai mobilitasnya sangat tinggi maka hal tersebut akan sangat membuang waktumu dan juga sangat merepotkan karena kamu akhirnya harus mengambil cuti hanya untuk perpanjang STNK. Namun sekarang ini kamu tidak perlu susah-susah datang ke Samsat untuk mengurus perpanjangan STNK, dimana kamu sekarang sudah bisa perpanjang STNK secara online dimanapun kamu berada.

Sistem perpanjang STNK secara online dibuat oleh pemerintah untuk memudahkan kita dalam proses perpanjangan STNK. Lalu bagaimana metode perpanjang STNK yang dilakukan secara online tersebut? Apakah semakin memudahkan dan aman untuk dilakukan?

1. Kamu Perlu Membuka Website e-Samsat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website resmi e-Samsat. Dimana e-Samsat yang kamu buka harus sesuai dengan provinsi tempat kamu tinggal sekarang, sehingga kamu ketika tinggal di Jawa Barat tidak bisa menggunakan e-Samsat yang digunakan  di Jawa Timur.

2. Kamu Harus Mengisi Data Kendaraan

Ketika kamu sudah membuka website e-Samsat, maka kamu perlu mengisi formulir yang disediakan di situs tersebut sesuai dengan data asli kendaraanmu. Maka kamu sebelumnya perlu menyiapkan berbagai dokumen resmi yang diberlakukan untuk kendaraanmu. Nah berikut data-data yang harus kamu isi dalam formulir tersebut.

  • Yang pertama kamu perlu mengisikan darimana kota asal kendaraanmu, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan plat yang ada atau terpasang pada kendaraanmu entah itu mobil atau motor. Jika memang kamu menggunakan plat Surabaya maka kamu perlu mengisikan Surabaya di kolom kota asal kendaraanmu.
  • Terdapat kolom Samsat, maka kamu perlu memilih kantor Samsat tempat kamu dulu mengurus STNK motormu atau mobilmu. Karena maksud dari Samsat ini adalah tempat Samsat yang kamu tuju.
  • Memasukkan nomor polisi yang diberlakukan untuk motormu atau mobil yang kamu gunakan, nomor polisi lebih dikenal dengan nomor plat motor yang kamu dapatkan dan terpasang di kendaraan yang kamu gunakan.
  • Setelah kamu mengisi data-data tersebut, kamu perlu memasukkan kode captcha yang diberikan oleh website tersebut. Captcha ini berupa huruf dan angka yang mana tersusun secara acak dan perlu kamu tiru penulisannya. Tujuannya untuk mendeteksi bahwa yang mengisi data tersebut manusia buka bot. Isilah dengan benar agar kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Nah jika data yang isi tersebut sudah lengkap kamu bisa menekal tombol pencarian, jika data yang kamu isikan tersebut benar maka kamu akan masuk ke halaman baru yang berisikan berbagai data kendaraanmu dan juga biaya pajak yang harus kamu bayarkan. Jika kamu melakukan perpanjang STNK di luar jadwal maka pembayaran pajakmu akan disertai dengan denda. Namun jika tidak dan datamu sudah benar maka kamu menekan tombol yang bertuliskan Apakah Anda Ingin Melakukan pembayaran?

3. Kamu Perlu Memilih Cara Pembayarannya

Jika formulir yang pertama sudah kamu isi, maka kita akan lanjut mengisi formulir yang kedua. Dimana data yang kamu isikan adalah berupa cara pembayaran dan nantinya akan dijadikan bukti pembayaran perpanjangan STNK. Ketika kamu akan melakukan pengambilan nota pajak, kamu wajib membawa formulir berikut.

  • Kamu perlu mengisikan data dimana kamu akan mengambil nota pembayaran pajak.
  • Selanjutnya kamu perlu memilih kantor Samsat yang paling dekat dengan rumahmu.
  • Kemudian pilihlah jenis bank yang menjadi tempat kamu melakukan pembayaran.
  • Tentukan cara pembayarannya, apakah kamu ingin melalui transfer ATM, atau lewat M-Banking, ataupun lewat internet banking. Pilih yang paling mudah dan cepat buat kamu lakukan.
  • Nah selanjutnya kamu perlu menekan tombol pengajuan kode bayar agar kamu memperoleh kode bayar yang perlu kamu masukkan ketika proses pembayaran di ATM.
  • Setelah itu kamu akan dihubungkan dengan halaman baru yang berisikan info pembayaran yang harus segera kamu lakukan. Halaman ini bisa kamu print dan digunakan sebagai arsip pembayaran pajak.

4. Kesimpulan

Perpanjang STNK sangat mudah ketika kita lakukan secara online. Banyak hal yang bisa kita hemat terutama waktu dan prosesnya yang jauh lebih mudah. Serta sekarang ini banyak marketplace yang menyediakan layanan perpanjang STNK, kamu pun bisa memanfaatkan layanan ini untuk mempermudah kamu membayar pajak. Bayarlah tepat waktu agar kamu tidak terkena denda dan akhirnya memperbengkak pengeluaranmu.

wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *