Cara Pembayaran Pajak Online Lewat Ebilling Pajak

Cara Pembayaran Pajak Online Lewat Ebilling Pajak

Pembayaran pajak online harus terus kita sebarkan ke kalangan masyarakat, agar semakin banyak warga negara yang taat terhadap kewajiban membayar pajak. Mengingat pajak yang dibayarkan rakyatlah yang membuat pembangunan di negeri ini hidup dan berkembang.

Jika pembayaran pajak dahulunya kita harus antre di kantor pajak dan jika akan melaporkan SPT pajak juga harus kembali ke kantor pajak. Tentunya hal ini membuat aktivitas kita terhambat dan kurang efisien. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pajak mempergunakan teknologi dan mengembangkan pembayaran pajak online. Sehingga sekalipun kita ada di era minim mobilisisasi seperti sekarang kita masih bisa memenuhi kewajiban membayar pajak.

Apa Saja Manfaat Pajak di Negeri Ini?

Pembayaran pajak online yang kamu lakukan tepat waktu maka akan melahirkan berbagai manfaat bagi negeri ini. Berikut beberapa manfaat dari pajak yang telah dibayarkan oleh masyarakat kita kepada negara:

  • Kegunaan pajak yang telah kita bayarkan bisa untuk pengeluaran negara yang sifatnya self liquidating.
  • Untuk kebutuhan negara kita yang sifatnya produktif. Diantaranya pembangunan berbagai infrastruktur, berbagai anggaran pendidikan, dan sebagainya.
  • Pajak juga bisa dialokasikan untuk pengeluaran non-produktif maupun non self liquidating. Yaitu seperti pembangunan objek rekreasi maupun monument bersejarah.
  • Pajak yang kamu bayarkan juga untuk membeli alat pertahanan negara. Diantaranya persenjataan dan sebagainya.

Dengan kita membayar pajak pada waktunya , maka kita bisa membantu pembangunan negara menjadi lebih cepat. Selain itu permasalahan yang ada di negeri ini bisa sedikit terbantukan dengan uang pajak dari rakyat.

Bagaimana Pembayaran Pajak Online Pakai eBilling?

Pembayaran pajak online menggunakan eBilling merupakan cara yang pemerintah sediakan untuk kita membayar pajak. Bagi siapapun yang tidak mempunyai waktu untuk lama-lama antre di kantor pajak, maka mereka pastinya akan terbantukan dengan adanya aplikasi satu ini.

Saat kamu ingin menggunakan aplikasi eBilling maka yang harus kamu persiapkan pertama kali adalah ID Billing. Setiap kamu ingin membayar pajak online kamu harus meminta ID Billing yang sesuai dengan pajak yang akan kamu bayarkan. Adanya eBilling akan memberikan kamu beberapa manfaat loh, diantaranya:

  • Pembayaran pajak online bisa berlangsung lebih efektif dan efisien.
  • Mengurangi kemungkinan adanya kesalahan dalam penulisan transaksi yang telah dilakukan.
  • Transaksi yang kamu jalankan berlangsung realtime. Dimana data yang tersimpan dalam server atau sistem DJP akan ter-update. Selain itu juga menurunkan kemungkinan adanya data yang hilang maupun tidak terbackup.

Jika kamu telah mengetahui beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika menggunakan eBilling. Maka selanjutnya kita akan menunjukkan kepada kalian beberapa langkah yang bisa menjadi pentunjuk dalam pembayaran pajak online menggunakan eBilling.

  • Pada aplikasi eBilling kamu harus login kea kun DJP online yang telah kalian buat.
  • Kemudian pilih Bayar untuk melakukan pembayaran pajak online.
  • Selanjutnya coba akses SSE1 dan juga SSE3 sesuai dengan pajak yang akan kamu bayarkan. SSE merupakan kepanjangan dari surat setoran elektronik. Dimana dalam surat tersebut ada beberapa keterangan yang harus kalian berikan. Informasi tersebut diantaranya apa jenis pajaknya. Kemudian masa pajak, tahun pajak yang kamu bayarkan dan sebagainya.
  • Selanjutnya kamu harus memilih kode Billing agar nantinya kode yang kamu minta tersebut bisa terkirim ke email yang kamu daftarkan.
  • Kemudian gunakan kode Billing tersebut untuk membayar pajak lewat berbagai saluran pembayaran yang kamu kehendaki. Bisa lewat ATM ataupun mobile banking ya.

Agar proses pembayaran pajak online bisa berlangsung lebih efisien ada baiknya kamu menggunakan aplikasi perpajakan yang mempunyai fitur lengkap. Diantaranya eBilling, efaktur, eBupot, dan sebagainya. Jika kamu menggunakan aplikasi seperti ini tentunya akan banyak menguntungkan kamu dalam hal yang berurusan dengan pajak baik itu pajak pribadi maupun badan usaha.

wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *